Sabtu, 06 Februari 2021

Jangan Asal Smoothing Rambut, Kenali Aturannya Di sini

Jangan Asal Smoothing Rambut, Kenali Aturannya Di sini

Memiliki rambut yang indah, lembut dan tertata rapi adalah idaman setiap wanita. Untuk mewujudkan impian tersebut Anda dapat melakukan berbagai perawatan rambut salon, salah satunya melalui smoothing rambut. Smoothing rambut adalah perawatan rambut wanita agar rambut terlihat lurus, lembut, dan berkilau. Ada beberapa hal yang wajib diketahui sebelum memutuskan untuk smoothing. 

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Smoothing Rambut.

1. Persiapan Sebelum Smoothing

Sebelum melakukan smoothing rambut, anda harus mempersiapkan rambut dengan baik. Hindari melakukan keramas pada satu hari sebelum smoothing. Sebaiknya beri jeda antara jadwal keramas dengan jadwal smoothing. Selain itu, berikan nutrisi rambut dengan minyak alami rambut sehingga rambut dan kulit kepalamu akan sedikit terlindungi dari kerasnya obat pelurus rambut. 

2. Jenis Smoothing yang Dipilih

Terdapat berbagai jenis dan pilihan cara untuk melakukan smoothing rambut. Smoothing Keratin merupakan salah satu perawatan rambut salon yang semakin banyak digunakan. Pasalnya smoothing ini menjadi teknologi terbaru untuk meluruskan rambut sekaligus membuatnya terlihat tampil lebih alami. 

Cara smoothing rambut dengan metode keratin dilakukan dengan melapisi rambut menggunakan Keratine Artifisial, akibatnya rambut menjadi lurus mengkilap dan tetap terlihat lembut. Untuk rambut yang sudah lurus, anda bisa menggunakan keratin smooth yang dijual di pasaran tanpa harus melakukan smoothing ke salon.

3. Bahan Kimia yang Digunakan untuk Smoothing

Seperti yang diketahui, smoothing menggunakan obat bernama keratin. Keratin adalah bahan kimia mengandung protein yang diaplikasikan sebelum menggunakan flat iron. Bahan kimia ini akan merombak struktur asli rambut dan membentuknya menjadi lebih lurus dan halus.

Meski dapat membuat rambut menjadi lurus, namun metode ini tidak selalu cocok dengan semua tipe rambut. Oleh karenanya kenali secara detail kandungan bahan obat yang akan digunakan. Meskipun anda melakukannya di salon, tak ada salahnya untuk bertanya mengenai penggunaan obat kimia dalam smoothing. Siapa tahu terdapat bahan tertentu yang bisa menimbulkan alergi pada kulit kepala.

Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan ahlinya sebelum melakukan perawatan rambut salon dengan memperhatikan kondisi dan jenis rambut anda. Lebih baik berkonsultasi dengan dengan dokter kulit, untuk mengetahui apakah kulitmu rentan alergi terhadap bahan-bahan kimia tertentu atau tidak. 

4. Harga dan Daya Tahan Smoothing Rambut

Perbedaan mendasar dari rebonding dan smoothing terletak pada jenis rambut yang akan dirawat. Rambut keriting cocok dilakukan perawatan rebonding, sedangkan smoothing bisa dicoba oleh rambut lurus. Dibandingkan rebonding rambut, harga smoothing rambut memang lebih mahal padahal daya tahannya tidak lama. 

Selain faktor kualitas salon, selisih harga yang tinggi biasanya didasarkan pada panjang dan ketebalan rambut. Perawatan smoothing lebih mahal sebab metode ini menggunakan tambahan keratin yang tidak merusak rambut. Jadi, sebelum melakukan smoothing, sebaiknya perhitungkan budget yang akan dikeluarkan untuk perawatan mahkota rambut anda. 

5. Wajib Melakukan Perawatan Setelah Smoothing

Setelah melakukan smoothing, wajib untuk melakukan perawatan intensif selama tiga hari pertama. Pertama, menghindari hal-hal yang dilarang setelah melakukan smoothing, antara lain mengikat rambut atau menyampirkan rambut ke belakang telinga, mencuci rambut atau keramas, berenang, dan menekuk rambut saat tidur. 

Sementara bentuk perawatan rambut salon pasca smoothing dengan menggunakan heat protect spray untuk melindungi rambut secara ekstra. Gunakan shampoo dan conditioner yang dapat melembabkan rambut kering dan bercabang, untuk mencegah rambut mengalami kerusakan berkepanjangan.

Itulah hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan smoothing rambut agar nanti tidak menyesal dan mampu mendapatkan hasil rambut yang indah, halus, berkilau, dan lurus. Tidak masalah anda ingin melakukan perawatan mahkota rambut melalui smoothing, namun perhatikan hal-hal di atas sebelum memutuskan untuk smoothing.