Senin, 28 September 2020

6 Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba Selama di Labuan Bajo

Labuan Bajo saat ini menjadi salah satu pusat pariwisata paling dikenal di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kota ini menjadi persinggahan bagi para wisatawan yang melakukan perjalanan menuju Pulau Komodo. Dengan tingginya kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo, mendorong perkembangan potensi wisata Labuan Bajo. Daya tarik utama kota ini adalah sunset-nya yang berwarna jingga dan siluet dramatis pulau-pulau kecil di sekitar pelabuhan. Selain menikmati keindahan panorama sunset, inilah beberapa aktivitas seru yang harus Anda lakukan selama berada di Labuan Bajo.

1. Snorkeling, Scuba, Diving

Sumber : https://indonesiatatler.com/

Aktivitas utama yang tidak boleh Anda lewatkan selama berada di kota ini adalah scuba, snorkeling, dan diving. Anda akan menemui keragaman biota laut yang alami dan luar biasa indah. Anda dan grup akan menyelam bersama 2 orang instruktur agar puas menikmati keindahan bawah laut. Anda akan menemui beragam makhluk laut mulai dari ikan pari manta, ikan kerapu, napoleon wrasse, hiu, tuna, belut, cumi-cumi, gurita, dan masih banyak lagi. Khusus untuk diving, Anda harus mengikuti pelatihan diving bersertifikasi terlebih dahulu untuk keamanan.

2. Berlayar dengan Pinisi Mewah

Anda bisa berlayar mengelilingi pulau-pulau dengan menggunakan pinisi. Kapal layar khas Indonesia ini memang memiliki desain interior yang super mewah, tempat bersantai, dan kamar-kamar dengan fasilitas lengkap. Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp50 juta untuk menikmati perjalanan dengan pinisi mewah berkapasitas 4-10 orang penumpang ini.

3. Mengunjungi Taman Nasional Loh Liang

Taman Nasional Loh Liang berada di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Labuan Bajo, Flores. Di sinilah lokasi the real habitat hewan khas Indonesia berada. Anda juga dapat melihat secara dekat bagaimana kehidupan komodo sesungguhnya. Anda perlu melalui perjalanan menggunakan boat selama 3 sampai 4 jam untuk mencapai taman nasional ini. Perjalanan Anda akan terbayarkan dengan pemandangan savana yang indah.

4. Menyusuri Pink Beach 

Sumber : https://blog.airyrooms.com/

Pink Beach merupakan gugusan pulau di kawasan Labuan Bajo yang dikelilingi pantai-pantai yang indah. Salah satu pantai unik yang sedang populer adalah Pink Beach. Pantai ini sesuai dengan namanya, menyajikan butiran pasir berwarna merah muda yang berkilauan bagai mutiara. Anda bisa puas berfoto, bermain air atau berjemur untuk menghabiskan waktu di pantai cantik ini.

5. Trekking di Pulau Padar

Sumber : https://www.gotravelaindonesia.com/ 

Keindahan Pulau Padar yang menyajikan pemandangan pantai-pantai dari kawasan perbukitan memang tak terbantahkan. Anda akan puas menikmati keindahan pantai-pantai tersebut dengan cara trekking mengelilingi perbukitan. Ketika musim kemarau, kawasan ini tampak kering seperti padang pasir. Namun berbeda saat musim hujan tiba, pulau ini berubah menjadi sabana hijau.

6. Berwisata Kuliner Ikan yang Lezat

Kuliner khas Labuan Bajo yang paling menonjol adalah ikan segar dan makanan laut lainnya. Anda bisa menikmati sepiring nasi putih hangat dan ikan segar yang digoreng atau dibakar di warung-warung kecil. Anda juga bisa membawa aneka olahan seafood dengan harga yang bervariasi. 


 
Demikian informasi mengenai segala aktivitas seru yang bisa Anda lakukan selama berada di Labuan Bajo. Tentunya dengan mengetahui informasi aktivitas seru di atas, liburan ANda akan semakin seru dan menyenangkan. Untuk mendapatkan informasi wisata lainnya di Labuan Bajo, selengkapnya Anda bisa mengunjungi Wonderful Indonesia.